Profi ForSHEI

PROFIL ForSHEI
Diakui atau tidak, belakangan ini, trend ntuk menggunkan jasa layanan Perbangkan Syari’ah sebagai piranti dari Ekonomi Syari’ah sangat berkembang pesat. Hal ini didasarkan karena kebutuhan pasar yang menginginkan adanya sebuah perubahan pada tataran konsep dan realitasnya, tidak hanya sebatas pelayanan perbankan yang memuaskan konsumen, akan tetapi nilai dari proses tersebut juga dapat memberikan nilai plus untuk konsumennya.
M. Syafi’i Antonio (Pakara Ekonomi Syari’ah) dalam bukunya “Syariah Marketing” menjelaskan bahwa sekarang ini kebutuhan konsumen akan sebuah produk dan layanan tidak hanya sebatas harga rendah dan pelayanan yang memuaskan, akan tetapi mereka menginginkan nilai moral yang terlupakan oleh pelaku penyedia jasa tersebut, nilai tersebut berkenaan dengan moral dan spiritual.
Sesuai dengan fakta yang telah dijelaskan diatas, ForSHEI mencoba mewadahi temen-temen mahasiswa untuk mendalami, mengkaji serta mengembangkan pengetahuan tentang ekonomi syari’ah yang sedang berkembang saat ini. ForSHEI adalah singkatan dari (Forum Studi Hukum Ekonomi Islam), mulanya merupakan sebuah kelompok diskusi rutinan mahasiswa yang ada di jurusan Muamalah, akan tetapi sesuai dengan perkembanganya, ForSHEI menjadi tempat untuk mewadahi pengembangan Ekonomi syari’ah bagi semua kalangan mahasiswa. Secara spesifikasi ForSHEI merupakan sebuah forum diskusi yang fokus dalam kajian Ekonomi Syariah (Islam), produk, permasalahan dan mencoba mencari solusi untuk permasalahan tersebut.
ForSHEI juga membahas tentang ekonomi kontemporer baik yang berkenan dengan ekonomi konvensional maupun ekonomi syari’ah. Oleh karena itu, ForSHEI mencoba memfasilitasi teman-teman Mahasiswa yang demen kepada bidang kajian Ekonomi Syariah (baik praksis maupun hukumnya).
Kedudukan ForSHEI pada struktur lembaga kemahasiswaan di IAIN Walisongo adalah bersifat otonom, lembaga kajian ini terlepas dari intervensi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Dalam hal penentuan kebijakan arah organisasi dan masalah keuangan, ForSHEI tetap mandiri dan tidak ada campur tangan dari organisasi kemahasiswaan manapun.
ForSHEI ini hanya sebatas nama untuk kelompok studi ekonomi islam di IAIN WALISONGO, tidak menitik beratkan pada mahasiswa yang ada di jurusan Muamalah dan tidak menutup kemungkinan dari jurusan yang lainpun ada yang mengikuti diskusi rutinan ini.
Sekilas Launching
Tepat pada tanggal 30-31 Mei 2008, ForSHEI berhasil dilaunching dirangkai dengan seminar nasional dan workshop ekonomi islam yang diikuti oleh perguruan tinggi se-Jawa Tengah dengan menghadirkan pembicara dari kantor Bank Indonesia (KBI) Semarang dan DPP IAEI (Dewan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Ekonomi Islam) pusat Jakarta. Bertepatan pada tanggal 31 mei inilah kemudian disepakati sebagai hari lahirnya ForSHEI. Pada saat itu pula secara resmi ForSHEI akhirnya masuk menjadi anggota FoSSEI jawa Tengah. Dalam acara launching, ForSHEI bermitra dengan FoSSEI komisariat Semarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar